Seberapa Penting Hutan Hujan Bagi Bumi ?

Pembukaan lahan untuk perkebunan sawit atau penebangan hutan untuk industri mebel atau kertas menyebabkan lahan hujan tropis yang terus menyusut secara signifikan dari tahun ke tahun. Belum lagi ditambah kasus kebakaran hutan yang saat ini terus-terusan terjadi di berbagai belahan bumi. Hal ini tentu sangat disayangkan melihat lahan hijau nan indah dengan segala biodiversitasnya menjadi rusak, kering, dan kerontang.

sumber : rangerrick.org

Hutan hujan bukan hanya indah dipandang !
Selain keindahan nyata yang hadir dari keragaman flora dan fauna, hutan hujan juga memainkan peran penting dalam menjaga kelestarian planet bumi. Hutan hujan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen yang dibutuhkan para penduduk bumi untuk bertahan hidup. Penyerapan CO2 ini juga membantu menstabilkan iklim Bumi. Hutan hujan juga membantu menjaga siklus air dunia dengan menambahkan air ke atmosfer melalui proses transpirasi sehingga terciptalah awan. Air yang dihasilkan di hutan hujan melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Bahkan menurut para ilmuwan, kelembaban yang dihasilkan di hutan-hutan Afrika akan menjadi tetesan air hujan di Amerika.

Tempat tinggal untuk berbagai macam flora dan fauna !
Hutan hujan tropis mengandung lebih dari 30 juta spesies tanaman dan hewan. Jumlah tersebut merupakan setengah dari margasatwa dan setidaknya dua pertiga dari spesies tanaman yang ada di Bumi. Ada juga lebih dari ribuan spesies tanaman dan hewan hutan hujan yang masih menunggu untuk ditemukan karena berada di pelosok terdalam hutan hujan tropis yang belum terjangkau manusia modern.

Tempat tinggal suku-suku pedalaman !
Banyak penduduk asli telah hidup dalam harmoni dengan hutan hujan selama ribuan tahun, bergantung pada makanan, tempat tinggal dan obat-obatan dari hutan itu sendiri. Ketika perusahaan minyak dan penebang pohon datang untuk menghilangkan area hutan yang luas, mereka membawa petaka yang tidak dapat ditentang oleh masyarakat adat, yang mengancam kelangsungan hidup mereka. Seringkali mereka juga dipaksa untuk pindah dari rumah mereka ke tempat-tempat asing, kadang-kadang bahkan terbunuh dalam proses itu.

Pengatur iklim di Bumi !
Hutan hujan menyimpan air seperti spons besar. Bahkan, diyakini bahwa hutan Amazon sendiri menyimpan lebih dari setengah air hujan dunia. Pohon-pohon hutan hujan mengambil air dari tanah dan melepaskannya kembali ke atmosfer dalam bentuk kabut dan awan yang berputar-putar. Jika hutan hujan tidak secara terus-menerus mendaur ulang air dalam jumlah besar, mengalirkan air ke sungai, danau dan sistem irigasi, maka dunia akan lebih sering mengalami kekeringan yang berpotensi menyebabkan kelaparan dan penyakit yang meluas.

Mencegah erosi tanah !
Tanah di hutan hujan sangat miskin nutrisi. Hal ini disebabkan nutrisi disimpan dalam jumlah besar oleh pohon dan tanaman daripada oleh tanah. Akar pohon mengikat tanah bersama-sama, sementara daun-daun pohon yang rimbun melindungi tanah dari hujan lebat. Ketika sebuah pohon mati dan batangnya  jatuh ke tanah maka akan membusuk dan nutrisi yang dikandungnya didaur ulang. Namun, jika pohon-pohon di hutan dirusak atau ditebangi, maka nutrisi di hutan pun akan hilang. Tanah yang tidak terlindungi kemudian hanyut dalam hujan lebat, menyebabkan penyumbatan dan banjir di sungai dataran rendah dan membuat sungai di dataran tinggi menjadi kering.

Penyedia bahan obat-obatan !
Lebih dari 25% obat-obatan modern berasal dari tanaman di hutan hujan tropis. Meski begitu, kita masih mempelajari hanya 1% dari tanaman-tanaman luar biasa ini untuk digunakan sebagai obat, bayangkan kemungkinannya jika kita bisa bereksperimen dengan 99% tanaman lainnya.

Jadi, hutan hujan sangat penting bagi keberlangsungan manusia, hewan, dan tumbuhan serta kelesatarian Bumi ini secara keseluruhan. Maka, ayo kita jaga hutan hujan dari keserakahan manusia serta berusaha untuk tidak merusak keragaman yang ada di hutan hujan !


Sumber :
https://www.rainforestconcern.org/forest-facts/why-are-rainforests-important

Comments

Popular posts from this blog

Materi Partikulat / Particulate Matter (PM)

Kasus-Kasus Biopiracy yang Pernah Terjadi di Dunia

Bagaimana Cara Kerja Termometer Digital ?