Jamur-Jamur Beracun yang Berbahaya untuk Dikonsumsi

Jamur merupakan sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat karena tekstur dan rasanya yang enak dan dianggap mirip daging. Jamur juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Di dunia ini, banyak sekali jenis-jenis jamur baik yang aman untuk dikonsumsi ataupun yang beracun dan tidak boleh dikonsumsi. Nah, berikut beberapa jenis jamur yang sangat beracun dan tidak boleh dimakan.

1. Autumn Skullcap (Galerina marginata

sumber : wikimedia.org

Galerina marginata adalah jamur yang sering tumbuh pada kayu yang sudah membusuk dan lapuk. Jamur ini memiliki habitat di Bumi bagian utara dan juga sebagian Australia. Jamur ini berbahaya karena mengandung amatoksin. Jamur ini jika dimakan bisa menyebabkan diare, muntah, hipotermia, kerusakan hati, dan juga kematian.

2. Conocybe Filaris

sumber : wikimedia.org

Conocybe filaris adalah jamur yang tumbuh seperti rumput dan mudah ditemukan di Pasifik Barat Laut. Jamur ini berbahaya karena mengandung mikotoksin. Jamur ini jika dimakan bisa menyebabkan gejala pendarahan pada saluran pencernaan, gagal hati, serta gagal ginjal.

3. Deadly Dapperling (Lepiota brunneoincarnata)

sumber : britannica.com

Deadly dapperling biasa ditemukan di negara-negara Eropa dan sebagian negara Asia. Jamur ini mengandung senyawa amatoksin. Jamur ini cukup berbahaya dan banyak orang yang mengira bahwa jamur ini bisa dimakan. Jika mengonsumsi jamur jenis ini kita bisa keracunan hati yang parah dan dapat mengakibatkan kematian bila tidak ditangani dengan cepat.

4. Death Cap (Amanita phalloides)

sumber : first-nature.com

Jamur ini mungkin adalah yang paling mematikan dari semua jamur. Death cap bisa ditemukan di Eropa dan sangat mirip dengan jamur jerami dan jamur caesar yang bisa dimakan. Jamur ini mengandung senyawa sangatoksin yang tahan panas. Senyawa ini bisa dengan cepat merusak sel-sel di seluruh tubuh. Jika jamur ini konsumsi, dalam 6-12 jam biasanya akan menyebabkan nyeri perut hebat, muntah, dan diare yang disertai darah. Jamur ini juga bisa menyebabkan gagal hati, gagal ginjal, gangguan sistem saraf pusat, dan penurunan gula darah yang bisa berujung pada koma dan kematian.

Masih banyak lagi sebenarnya jenis-jenis jamur beracun yang sangat berbahaya jika dikonsumsi karena dapat mengakibatkan keracunan bahkan kematian. Maka dari itu, kita harus berhati-hati jika menemukan jamur liar di hutan, di kayu lapuk, atau dimanapun. Pastikan dengan sungguh-sungguh jamur yang akan kita konsumsi aman dan tidak mengandung senyawa beracun yang berbahaya !

Sumber :
https://bobo.grid.id/read/081634415/hati-hati-7-jenis-jamur-ini-tidak-bisa-dimakan-dan-sangat-beracun

Comments

Popular posts from this blog

Materi Partikulat / Particulate Matter (PM)

Kasus-Kasus Biopiracy yang Pernah Terjadi di Dunia

Bagaimana Cara Kerja Termometer Digital ?